Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT
Vol 7, No 2 (2022)

Analisis Data Penjualan Pasca COVID-19 Menggunakan Algoritma K-Means

Yustia Hapsari (Universitas Panca Sakti)
Muhammad Fikri Hidayattullah (Politeknik Harapan Bersama)
M Shidiq Erdi W (Universitas Pancasakti)
Dega Surono Wibowo (Politeknik Harapan Bersama)
M Nishom (Politeknik Harapan Bersama)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak buruk ke berbagai sektor. Tak terkecuali sektor ekonomi. Bahkan negara-negara maju sekali pun ikut terkena dampak yang sangat serius di sektor ekonomi dari adanya pandemi ini. Para pelaku usaha dalam berbagai lini melakukan transformasi yang massif untuk bangkit dari keterpurukan tersebut. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah dengan mengubah sistem marketing dan transaksi penjualan dari yang sebelumnya offline ke online. Penelitian ini akan melakukan analisis penjualan pasca Covid-19 dengan menggunakan dataset dari Narasio Data. Produk yang akan dianalisis berupa penjualan produk sport dan apparel. Hasil analisis akan menampilkan produk apa saja yang paling cepat terjual, pengaruh rating produk dan pemberian diskon dengan tingkat penjualan, serta keterkatian antara banyaknya variasi brand dengan tingkat penjualan. Proses analisis menggunakan pendekatan segemntasi produk. Algoritma yang digunakan untuk melakukan segmentasi adalah K-Means. Algoritma tersebut sangat handal untuk kasus clustering produk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

informatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The scope encompasses the Informatics Engineering, Computer Engineering and information Systems., but not limited to, the following scope: 1. Information Systems Information management e-Government E-business and e-Commerce Spatial Information Systems Geographical Information Systems IT Governance ...