Journal of Science and Education Research
Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Science and Education Research

Implementasi Strategi Active Learning dengan Metode Reading Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa SD

Wiranda Bayu Aditama (Institut Agama Islam Qamarul Huda Bagu)
Noviatul Widiani (Institut Agama Islam Qamarul Huda Bagu)
Suhirman Zohdi (Institut Agama Islam Qamarul Huda Bagu)
Aenullael Mukarromah (Institut Agama Islam Qamarul Huda Bagu)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2022

Abstract

Implementasi strategi active learning metode reading aloud bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas III SD. Data hasil penelitian melalui observasi diperoleh bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu, 38,5 dengan kriteria cukup aktif namun terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 48,5 dengan keriteria aktif. Data hasil belajar siswa melalui tes tulis pada siklus I dengan nilai rata-rata 79,16 dan siklus II adalah 83,47. Sedangkan skor ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 79,16%, dan siklus II adalah 87,5%. Adapun penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah tercapainya indikator pembelajaran dan mencapai atau lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, dapat disimpulkan ada peningkatan keterampilan menyimak siswa dengan menerapkan strategi active learning metode reading aloud siswa kelas III SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Science and Education Research (JSER) research paper in the field of all Education themes and all kinds of Science, Biological Science, Technology and Innovation, Environmental Studies, Climate Change, Agricultural, Rural Development, Urban Studies, ...