Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 3 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Quantum Teaching dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V

Elok Wulansari (Universitas Sebelas Maret)
Wahyudi Wahyudi (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model Quantum Teaching dengan Multimedia, meningkatkan hasil belajar dan mendeskripsikan respon siswa terhadap multimedia. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Kuwayuhan yang berjumlah 21 siswa dengan 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar dengan menerapkan model Quantum Teaching dengan Multimedia. presentase hasil belajar siswa pada siklus I=88,09%, pada siklus II=88,09%, dan pada siklus III=95,23%.  Kesimpulan penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar melalui penerapan model Quantum Teaching dengan Multimedia pada Pembelajaran IPA materi perubahan suhu dan wujud benda pada siswa kelas V SDN 1 Kuwayuhan tahun ajaran 2022/2023.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...