Kompetensi keahlian TKJ merupakan jurusan yang banyak diminati di era teknologi saat ini, setiap individu membutuhkan skill keterampilan komputer untuk bekal memasuki dunia kerja. Namun, output lulusan belum terserap seluruhnya kepada dunia kerja yang sesuai, maka dari itu perlu ada upaya yang stratejik untuk meningkatkan mutu kompetensi keahlian bidang TKJ. Fokus pada penelitian ini adalah: upaya yang dilakukan untuk mengembangkan mutu kompetensi keahlian TKJ bagi guru dan siswa serta kendala pada saat pelaksanaan manajemen stratejik dalam meningkatkan mutu kompetensi keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) di SMK Darunnajah Cipining. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengambilan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan manajemen stratejik peningkatan mutu TKJ terdapat 6 hal yang dilakukan, yaitu: memperhatikan keadaan siswa saat pembelajaran berlangsung baik di kelas maupun di laoratorium komputer, memaksimalkan fasilitas penunjang pembelajaran, mengkolaborasikan kompetensi yang diajarkan di sekolah agar relevan dengan kebutuhan di dunia kerja, meningkatkan mutu TKJ dengan program-program unggulan baik dari guru maupun siswa, dan evaluasi program.
Copyrights © 2023