INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 3 (2023): SEPTEMBER

BUDAYA LITERASI ANAK PINGGIRAN DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI 4C MELALUI KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PABATTA UMMI MAKASSAR

Damayanti Suci Ramadhani (Universitas Islam Makassar)
Abd Hakim Naba (Universitas Islam Makassar)
Nasaruddin (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Untuk mengetahui (1) Budaya Literasi di TK Pabatta Ummi Makassar, (2) Kompetensi 4C Melalui Kegiatan Asistensi Mengajar di TK Pabatta Ummi Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Adapun objek penelitiannya adalah anak usia dini di TK Pabatta Ummi Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan terdiri dari tiga tahapan kegiatan yang saling terkait antara satu sama lain, yaitu : reduksi data, penyajian (display) data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis, maka dapat di simpulkan oleh peneliti sebagai berikut adalah 3 dari 2 sampel observasi orangtua peserta didik menyatakan bahwa mereka membantu dan mendorong segala proses perkembangan peserta didik, mulai dari rumah sampai ke sekolah,sedangkan 1 sampel orangtua adalah tipikal orangtua yang hanya memantau perkembangan peserta didik atau mengecek kemampuan tersebut hanya sesekali. Kegiatan budaya literasi dan kompetensi 4C tersebut berdampak baik bagi keberhasilan peserta didik, di mana peserta didik yang awalnya belum mampu pada akhirnya memiliki perubahan yang signifikan dan terlihat dengan jelas. (2) Melalui kegiatan asistensi tersebut peserta didik dapat terdorong untuk lebih aktiv dalam kegiatan belajar, serta meningkatkan kemampuan budaya literasi dan kompetensi 4C tersebut. Kemampuan dan keterampilan mahasiswa asistensi mengajar dalam melaksanakan pembelajaran sangatlah diperlukan, terutama dalam hal variasi mengajar dan pengelolaan kelas. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik dapat antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...