ALTRON
Jurnal Elektronika, Sains & Sistem energi

SIMULASI PERANCANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA MENGGUNAKAN SOFTWARE SYSTEM ADVISOR MODEL (SAM) DI GEDUNG KAMPUS AKADEMI KOMUNITAS OLAT MARAS (AKOM)

Muhammad Yusuf Karim Yusuf (Unknown)
Paris Ali Topan (Universitas Teknologi Sumbawa)
Desi Maulidyawati (Universitas Teknologi Sumbawa)
Indra Darmawan (Universitas Teknologi Sumbawa)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Kabupaten Sumbawa khususnya Gedung AKOM memiliki potensi penyinaran matahari yang cukup besar dan cocok untuk pembangkit listrik tenaga surya. Desain manual sistem tenaga surya, yang melibatkan analisis langsung persyaratan sistem seperti bahan dan peralatan, memakan waktu. Oleh karena itu, penggunaan perangkat lunak seperti System Advisor Model (SAM) memudahkan proses desain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan memanfaatkan data Global Horizontal Irradiance dan konsumsi energi listrik di Gedung AKOM untuk pengumpulan dan analisis data. Simulasi dan perancangan sistem tenaga surya menggunakan perangkat lunak SAM mempertimbangkan faktor-faktor seperti modul surya, inverter, baterai, dan komponen pendukung lainnya. Pemilihan komponen disesuaikan dengan kapasitas yang dibutuhkan. Studi menentukan bahwa untuk sistem tenaga surya dengan kebutuhan daya 18,3 kWh, direkomendasikan sekitar 10 modul surya, kapasitas inverter 4,7 kW, dan kapasitas baterai 12 kW. Selain itu, penelitian ini melibatkan perhitungan Levelized Cost of Energy (LCOE) menggunakan perangkat lunak SAM. LCOE mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya investasi awal, biaya operasional dan pemeliharaan, umur sistem, tingkat pengembalian yang diharapkan, tingkat diskonto, dan estimasi produksi energi. Perbandingan antara berbagai teknologi energi dibuat, membantu keputusan investasi dan pemilihan sumber energi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai nominal LCOE sebesar 8,08¢/kWh atau Rp56,64/kWh dan nilai nyata sebesar 7,53¢/kWh atau Rp52,79/kWh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Altron

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

Journal of ALTRON is an open-access journal published by the Study Program of Electrical Engineering, Faculty of Systems Engineering, Sumbawa University of Technology. Altron is published with a frequency of 2 (two) times a year in August and February with varying volumes, e-ISSN 2963-1033. As the ...