Journal of Information System and Education Development
Vol. 1 No. 3 (2023): Journal of Information System and Education Development

Penyesuaian Diri Siswa Tunanetra di SMP Negeri 3 Solok Selatan

Gusriyal Efendi (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Dodi Pasila Putra (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Hidayani Syam (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Sri Hartati (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Penyesuaian diri adalah proses yang mencakup respons mental dan pola perilaku diri individu berusaha untuk berhasil memenuhi kebutuhan internal, frustrasi, dan konflik. Siswa tunanetra adalah Siswa yang mengalami kekurangan fungsi pada indra penglihatan untuk melihat bayangan benda dalam melakukan aktivitas-aktivitas baik di rumah maupun dan di sekolah. Fenomena yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa bentuk berpartisipasi siswa Tunanetra terhadap fungsi dan aktivitas di sekolah kurang baik yang di tandai dengan tidak keikutsertaan dalam ekstrakurikuler dan tidak aktif dalam proses pembelajaran. Hubungan siswa tunanetra dengan guru maupun pegawai sekolah juga biasa-biasa saja dan tidak ada masalah. Hubungan siswa tunanetra dengan teman-teman di sekolah, ada yang baik tetapi ada juga yang tidak baik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyesuaian diri siswa tunanetra di sekolah SMP N 3 Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa tunanetra kelas VII, VIII dan IX. Informan pendukung adalah 2 orang guru dan 1 siswa kelas VIII. Temuan studi tentang adaptasi sekolah siswa tunanetra yaitu siswa tunanetra AH, DC dan FO mengikuti kegiatan sekolah seperti gotong royong, piket kelas dan upacara bendera. Siswa tunanetra AH, DC, dan FO tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Siswa tunanetra juga memiliki hubungan yang baik dengan guru dan staf sekolah. AH, DC dan FO hubungan siswa tunanetra dengan teman-teman di sekolah, teman sekelas atau teman dari kelas lain, ada yang baik tetapi ada juga yang tidak baik. Siswa AH, DC dan FO menerima kondisinya saat ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jised

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Information System and Education Development (JISED) is published by Manna wa Salwa Foundation as a forum for academics, researchers, and practitioners in the field of Information System and Education Development (not implicitly) to disseminate their research results so that they can ...