JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 1 No. 1 (2017): Desember

MANFAAT KERJASAMA DALAM KELOMPOK SAAT BERMAIN SLUNCURAN BAGI ANAK USIA DINI

Achmadi Achmadi (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Aisyah Aisyah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2018

Abstract

Setiap lembaga PG PAUD memiliki fasilitas permainan out door. Sebab salah satu pengembangan bagi anak usia dini bisa dilakukan saat bermain out door. Ditemukan di lapanganbahwa saat anak bermain out door masih banyak permasalahan yang terjadi. Misalnya: Anak tidak mau bermain karena tidak berani. Bila berani bermain, anak sering terjatuh, terbentur, danberebut tidak ada yang mau mengalah. Terkait dengan permasalahan tersebut maka penulis telah mengadakan penelitian, dengan judul manfaat kerjasama dalam kelompok saat bermain sluncuranbagi anak usia dini. Adapun targetdalam penelitian ini antara lain: 1. Anak usia dini mau dan berani bermain sluncuran seperti anak pada umumnya. 2. Anak bisa bermain dengan amantidak berebut, terbentur, terjatuh). 3. Anak bermain dengan cara mau bersosial dengan baik,atau bergotong royong terhadap sesama teman. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menerapkan pembelajaran kerjasama dengan model pembimbing dan terbimbing.Jenis penelitian ini Pre eksperimen dengan desain penelitiannya mengetrapkan control-group post tes only design. Adapun tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kegiatan kerjasama saat bermain out door khususnya bermain sluncuraan bagi anak usia dini. Atau untuk mengatasi permasalahannyaanak saat bermain out door (sluncuran). Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan tes unjuk kerja, dan observasi.Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi: perumusan tujuan, pembentukan kelompok bermain, penjabaran tugas sebagai tutor – tutee (pembimbing – terbimbing), pelaksanaan masing-masing kelompok, dan mengadakan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kerjasama kelompok saat bermain sluncuran sangat bermanfaat dan efektif, serta dapat menyelesaikan permasalahan anak usia dini saat bermain sluncuran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...