JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 5 No. 2 (2022): Juli

Pengaruh Model Pembelajaran Kelompok Terhadap Kemampuan Berfikir Simbolis Mengenal Lambang Bilangan 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun di POS PAUD Dahlia 64

Ratnasari Dwi Ade Chandra (Unknown)
Ahmad Afandi (Unknown)
Kustiyowati Kustiyowati (Unknown)
Zulyan Marina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Tujuani dari penelitian ini yaitu untuk mempelajari lebih lanjut tentang apakah ada pengaruh model pembelajaran kelompok terhadap kemampuan berfikir simbolis mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah Pos PAUD Dahlia 64 Sumberjeruk Kalisat, yang berjumlah 12 anak dengan menggunakan penelitian populasi dan sampel. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Menggunakan teknik analitik data korelasi product momen untuk menentukan ada atau tidaknya pengaruh tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan maka diketahui hasil perhitungan dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai r hitung lebih besar dibandingkan dengan r tabel. Dimana hasil r hitung yakni 0,999 dan r tabel n=12 yakni 0,576 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dengan diterimanya H1 maka ada pengaruh model pembelajaran kelompok terhadap kemampuan berfikir simbolis mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di POS PAUD Dahlia 64 Sumberjeruk, Kalisat, Jember.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...