Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 6, No 12 (2023): Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

EDUKASI PENERAPAN DIGITAL MARKETING BEBASIS SISTEM INFORMASI CHATBOT PADA BUMDES DESA KLAMPAR

Prita Dellia (Universitas Trunojoyo Madura)
Sigit Dwi Saputro (Universitas Trunojoyo Madura)
Muhamad Afif Effindi (Universitas Trunojoyo Madura)
Mochamad Habibie Dwi Prasetyo (Universitas Trunojoyo Madura)
Hurin In Liaf Detina (Universitas Trunojoyo Madura)
Ira Sentiawati (Universitas Trunojoyo Madura)
Charlista Angel Puspita Ghozal (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2023

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah paradigma bisnis, mempengaruhi usaha-usaha kecil dan menengah, termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Klampar, Kabupaten Pamekasan, menjadi contoh potensial dalam pemanfaatan digital marketing dan sistem informasi chatbot untuk memperluas jangkauan pasar serta meningkatkan pendapatan. Hasilnya menunjukkan peningkatan efisiensi pemasaran, kualitas layanan, dan kepercayaan pelanggan. Penerapan teknologi ini bisa menjadi solusi efektif untuk meningkatkan daya saing BUMDES dan usaha kecil lainnya di era digital. Studi ini memberikan panduan bagi BUMDES lain dalam mengadopsi teknologi serupa guna meningkatkan kinerja mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...