KENDURI
Vol. 1 No. 1 (2021): April

Pemberdayaan Karangtaruna Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masyarakat Di Masa Pandemik Covid 19 Melalui Pelatihan Pembelajaran Daring Di Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara

Agung Nugroho (Unknown)
Inda Puspita Sari (Unknown)
Ahmad Gawdy Pranosa (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2021

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Pemberdayaan Karangtaruna dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembelajaran Daring di Desa Mandi Angin kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara. Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi, pelatihan dan praktik. PKM ini adalah kegiatan pendampingan yang mengarahkan pada pelatihan pembelajaran Daring yang akan dikelola oleh Karangtaruna guna melaksanakan pembelajaran tambahan di desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir kabupaten Musi Rawas Utara. Hal ini menjadi perhatian tim PKM karena di desa Mandi Angin belum ada pelatihan khusus bagi karangtaruna mengenai pembelajaran Daring. Kegiatan pendampingan PKM ini akan meningkatnya SDM karangtaruna Desa Mandi Angin sehingga terciptanya tempat belajar berbasis Daring. Hasil dari kegiatan PKM (Pengabdian pada Masyarakat) di Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musirawas Utara, diantaranya: 1) Terlaksananya koordinasi tim PKM STKIP PGRI Lubuklinggau dengan pemerintah desa, sehingga kegiatan berlangsung aman dan lancar, 2) Terlaksananya sosialisasi pembentukan taman belajar berbasis Daring, 3) Perangkat dan karangtaruna Desa Mandi Angin antusias mendukung pembentukan taman belajar berbasis Daring, 4) Pemerintah desa dan Masyarakat meminta kegiatan PKM terlaksana dengan baik, tidak hanya sebatas pembentukan taman belajar Daring saja akan tetapi tetap terus didampingi sehingga kedepannya akan lebih baik. Secara umum hasil PKM ini adalah terbentuknya taman belajar berbasis Daring di Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kenduri

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

The journal includes, but is not limited to the following fields: Teaching & Learning in Science Education Material Learning in Science Education Learning Media/Multimedia in Science Education Evaluation & Assessment in Science Education Higher Order Thinking Skills in Science Education Science, ...