Kualitas pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan di Bandung Raya mampu ditunjang dengan kualitas penelitian yang dilakukan oleh guru. Tujuan kajian ini adalah untuk merancang model kanvas penelitian tindakan kelas dan mengimplementasikannya kepada guru SMK di wilayah Bandung Raya. Metode menggunakan kualitatif dengan metode penelitian tindakan. Kegiatan dilaksanakan selama empat bulan danĀ terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Data diperoleh melalui wawancara kepada guru SMK di wilayah Bandung Raya dan fokus grup terpumpun. Kegiatan ini menghasilkan rancangan model kanvas penelitian tindakan kelas yang dapat dimanfaatkan oleh guru SMK. Selain itu, dilakukan juga pendampingan mengidentifikasi indikator-indikator dari model kanvas penelitian tindakan kelas bagi guru SMK di wilayah Bandung Raya. Kegiatan ini berimplikasi pada inovasi penelitian tindakan kelas melalui model kanvas dan dapat dipergunakan bagi guru maupun mahasiswa pada skala regional dan nasional
Copyrights © 2024