Kualitas layanan akademik di perguruan tinggi adalah aspek penting dalam memastikan pendidikan yang bermutu dan memuaskan mahasiswa. Layanan akademik yang baik bertendensi kepada mutu pendidikan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian dan tingkat kesenjangan kualitas layanan akademik antara yang dirasakan (Performance/kinerja) dengan yang diharapkan (Importance/pentingan), serta untuk menganalisis kualitas layanan akademik pada Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Mayasari Bakti. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Teknik Importance Performance Analysis (IPA) dengan cara menggabungkan pengukuran faktor tingkat Importance/ kepentingan dan tingkat Performance/ kepuasan dalam grafik dua dimensi. Interpretasi grafik IPA dilakukan dengan cara membagi grafik IPA menjadi empat buah kuadran berdasarkan hasil pengukuran importance-performance. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kesesuaian dibawah 100 % yang artinya kualitas layanan akademik belum mencapai tingkat harapan yang diinginkan. Setiap penilaian mendapatkan hasil minus (-), yang artinya bahwa kualitas layanan akademik belum sesuai dengan harapan penggunanya. Dari hasil analisis kuadran Importance Performance Analysis (IPA) indikator “Ruang kelas selalu dalam keadaan bersih”, “Jumlah ruang kelas untuk pembelajaran sudah memadai”, dan “Kampus menyediakan layanan bimbingan dan konseling bagi mahasiswa” terletak di kuadran II. Indikator tersebut memiliki tingkat performance (kinerja) yang rendah dengan tingkat Importance (pentingan) yang tinggi sehingga perlu dilakukan peningkatan kualitas layanan akademik.
Copyrights © 2023