Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTS MUHAMMADIYAH 1 KOTA SORONG

Afifah Istiqomah (Universitas Madako Tolitoli)
Tusana Nurul Safaah (Politeknik Ahli Usaha Perikanan)
Abu Sofyan (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahuiapakah ada keefektifan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTS Muhammadiyah 1 Kota Sorong. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan design Two Group Posttest Onliy. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII.2 yang dijadikan sebagai kelompok bahasa yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan bahasa tes dan nontes. Bentuk tes berupa uraian, dan bentuk nontes adalah menyimak, diskusi berpasangan dan persentasi. Teknik analisis data digunakan adalah analisis beda rerata (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam hal ini hanya menggunakan model pembelajaran yang konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...