Journal of Religious Policy
Vol. 1 No. 2 (2022): Juli-Desember 2022

STRATEGI PENINGKATAN LITERASI SAINS DI MADRASAH PADA ERA DIGITAL

Nur Luthfi Rizqa Herianingtyas (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta-Indonesia)
Reza Ruhbani Amarulloh (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta-Indonesia)
Azmil Hasan Lubis (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh-Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi peningkatan literasi sains di madrasah pada era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka untuk menggali data terkait strategi peningkatan literasi sains di madrasah. Sumber data penelitian yang digunakan bersifat sekunder dengan menggunakan buku-buku dan artikel jurnal ilmiah sebagai sumber data dalam mendeskripsikan hasil dan pembahasan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa strategi meningkatkan literasi sains madrasah di era digital dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan (1) meningkatkan penguasaan guru terhadap elemen literasi sains mencakup konten, konteks, dan kompetensi; (2) menghadirkan iklim pembelajaran berbasis saintifik dan penyelidikan ilmiah; (3) memanfaatkan multimedia berbasis digital; (4) menyusun bahan ajar berbasis literasi sains; (5) monitoring dan evaluasi literasi sains siswa madrasah secara berkala.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

repo

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Journal of Religious Policy published by the Office of Religious Research and Development Jakarta, Research and Development Agency, Religious Education and Training, Ministry of Religion of the Republic of Indonesia. The Journal of Religious Policy or REPO publishes research articles that focus on ...