Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2024): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Penguatan Asesmen Kompetensi Minimum melalui Pengenalan Soal Literasi Numerasi: (Pengabdian Kepada Masyarakat di SDN 1 Sumberjaya Ciwaru Kuningan)

Azin Taufik (Universitas Kuningan)
Nuranita Adiastuty (Universitas Kuningan)
Mohamad Riyadi (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

Kurikulum merdeka telah diimplementasikan sebagian besar sekolah di Indonesia, mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA. Salah satu bentuk asesmen di kurikulum merdeka adalah diselenggarakannya Asesmen Nasional Berbasik Komputer (ANBK), pada pelaksanaannya ANBK ini terdiri dari beberapa asesmen, diantaranya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survey lingkungan belajar dan survey karakter. Di dalam AKM siswa dituntut untuk mampu menguasai kemampuan literasi dan kemampuan numerasi yang diberikan berupa soal-soal dengan teks yang cukup Panjang, hal ini membuat sebagian besar peserta didik kesulitan dalam memahami soal sehingga penyelesaian soal kurang memuaskan. Sebagai salah satu solusi sekolah perlu secara intensif mengenalkan tipe-tipe soal AKM kepada peserta didik dan perlunya adanya pembiasaan peserta didik untuk secara mandiri atau berkelompok menyelesaikan soal-soal AKM berbasis literasi numerasi melalui e-book interaktif. Program pengabdian kepada masyarakat ini dijalankan dalam waktu 1 hari di SDN 1 Sumberjaya Ciwaru Kabupaten Kuningan, dalam bentuk pengenalan soal-soal AKM berbasis literasi numerasi, dalam pelaksanaannya peserta didik kelas 5 belum terlalu mengenal soal-soal literasi numerasi, sehingga masih mengalami kesulitan dalam pemecahan masalahnya. Evaluasi yang diberikan adalah meminta peserta didik secara langsung di kelas untuk menyelesaikan 10 soal AKM berbasis literasi Numerasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ba-jpm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat terdaftar dengan e-ISSN: 2797-9423 dan p-ISSN: 2797-9407 menerbitkan artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat maupun metode pengabdian yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan dapat diterapkan dalam mengembangkan dan membantu dosen, guru, ...