Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 4 (2023): DIDAKTIKA Nopember 2023

Implementasi Pengelolaan Kelas Efektif dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Seni Pertunjukan

Wahyudi Taufan Santoso (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Sutama (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Sigit Haryanto (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Ahmad Muhibbin (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hambatan dan konsekuensi pengelolaan kelas efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah seni pertunjukan. Data tersebut diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran, wali kelas, dan hasilnya menguatkan sumber data primer dan observasi pengelolaan kelas. Setelah pengumpulan data, dilakukan analisis data kualitatif terhadap instrumen. Temuannya mengungkapkan bahwa guru sekolah menengah kejuruan seni pertunjukan yang telah disurvei sudah melakukan pengelolaan kelas efektif dengan tahapan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi. Kendala yang muncul dalam pengelolaan kelas yang efektif dapat diatasi dengan mudah. Hasil implementasi pengelolaan kelas yang efektif terlihat dari kualitas pembelajaran siswa, profesionalisme guru, dan perbaikan lingkungan fisik sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...