Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva

Tiar Aulia Maulid (Universitas Pendidikan Indonesia)
Maulana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Isrok’atun (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2024

Abstract

Artificial Intelligence merupakan suatu kebaruan pada bidang teknologi yang menyebabkan disrupsi pada bidang pendidikan. Disrupsi merupakan sesuatu yang dapat mengubah cara orang bekerja, berinteraksi, dan memperoleh informasi secara drastis. Dampak disrupsi pada bidang pendidikan yang paling menonjol adalah peran guru dalam pembelajaran, contohnya student center dan transformasi media pembelajaran, dimana pembelajaran sekarang berbasis teknologi, dan media pembelajaran lebih interaktif dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru kelas VI di SD Negeri Sukamaju, SD Negeri Bojongkoneng, dan SD Negeri Sukawangi dalam membuat media pembelajaran digital menggunakan fitur artificial intelligence aplikasi Canva. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran digital sangat baik. Guru dapat menggunakan alat desain grafis dengan lancar, membuat tampilan media pembelajaran digital dengan menarik, memilih konten dan menggunakan bahasa sesuai, serta guru dapat menggunakan artificial intelligence dengan sangat baik. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran digital menggunakan artificial intelligence aplikasi Canva. Diantaranya, faktor usia, akreditasi sekolah, seberapa sering sekolah mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran, seberapa sering guru mengikuti pelatihan mengenai media pembelajaran, adaptasi guru terhadap penggunaan teknologi, pemahaman guru terhadap platform dan fitur yang digunakan, kreativitas guru, pengetahuan guru terhadap konten media pembelajaran, serta adanya alat penunjang untuk membuat media pembelajaran digital. Selain itu, Sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan, Guru merasa sangat terbantu dengan adanya artificial intelligence karena dirasa lebih mudah dalam mencari sumber, inspirasi maupun bahan untuk membuat media pembelajaran digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...