Jurnal Pengabdian Isola
Vol 2, No 1 (2023): JPI: VOLUME 2, ISSUE 1, 2023

Designing Project-Based Learning Oriented to Scientific Literacy in Matter and Their Changes [Pelatihan Pembelajaran Berbasis Proyek yang Berorientasi Literasi Sains Pada Materi Zat dan Perubahannya]

Miarti Khikmatun Nais (Universitas Pendidikan Indonesia)
Asep Kadarohman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muhamad Nurul Hana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ali Kusrijadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rahmat Setiadi (Universitas Pendidikan Indonesiai)
Sjaeful Anwar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ijang Rohman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Gun Gun Gumilar (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Selain melahirkan berbagai kemudahan, pesatnya perkembangan industri jugamenimbulkan berbagai masalah karena kurangnya literasi sains. PadaSMK/MAK terdapat Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yangcenderung fokus pada pengembangan literasi sains dengan aspek-aspek ilmupengetahuan alam dan sosial yang kontekstual dan aktual. Terdapat banyakmodel, pendekatan, dan metode yang dapat diterapkan untuk mengingkatkanliterasi sains siswa, salah satunya dengan pembelajaran berbasis proyek atauProject Based Learning (PjBL). Mengingat sangat penting bagi guru untukmemahami tentang konten kimia dan model PjBL, Departemen PendidikanKimia UPI melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat denganmemberikan pelatihan kepada guru-guru SMK/MAK untuk meningkatkanpemahaman guru mengenai konten kimia dan model PjBL. Kegiatan inidilaksanakan secara terstruktur dan sistematis dengan metode daring danluring yang setara dengan 32 JP. Kegiatan Pengabdian ini melibatkan guruguru SMK di wilayah Kabupaten Sumedang dan Majalengka. Kegiatantersebut terdiri dari pemaparan materi tentang literasi sains dan project basedlearning, pendalaman konten kimia, serta workshop perancangan perangkatpembelajaran PjBL berorientasi literasi sains. Melalui kegiatan workshop paraguru sudah berhasil merancang pembelajaran dengan model PjBLberdasarkan permasalahan yang ada didaerah masing-masing. Rancanganrancangan yang dibuat sudah dapat diterapkan di sekolah hanya saja belumfokus pada satu permasalahan atau satu konteks tertentu. Setelah prosesdiskusi dan perbaikan rancangan-rancangan tersebut sudah cukup baik dandapat diimplementasikan dalam pembelajaran disekolah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Humanities Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pengabdian Isola (JPI) promotes dissemination in the broad field of Community Services in Education, Science, and Technology (including teaching and learning process, social condition, science and science education, experimental demonstration in class/classroom experiments, teaching model and ...