Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 2 (2023): Desember

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 AMURANG

Indah Mamahit (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado)
Iwan Kandori (Universitas Negeri Manado)
Meike Mamentu (UNIVERSITAS NEGERI MANADO)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

ABSTRAK Di kantor-kantor kelas X SMK Negeri 1 Amurang, penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan kemampuan pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa. 38 murid membentuk populasi penelitian. 38 murid membuat sampel penelitian. Metode kuesioner adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data (angket). Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei, yang merupakan semacam penelitian kuantitatif. Berdasarkan pengolahan dan analisis uji korelasi ganda antara keterampilan pedagogik (X2) dan media pembelajaran (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y), hasilnya adalah r = 0,709, dengan koefisien determinasi r2 = 0,5026 atau 50%. Selain itu, signifikansi koefisien harus diverifikasi untuk melihat apakah dapat digeneralisasi atau tidak dengan menghitung f hitung temuan, yang dihitung menjadi 15,184 pada tingkat kepercayaan 95 persen ( = 0,05). Mendapat nilai f tabel = 3,259 tetapi ditemukan bahwa f hitung adalah 15,184 > F tabel. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kompetensi Profesional , Dan Hasil Belajar ABSTRACT In class X offices at SMK Negeri 1 Amurang, this research seeks to ascertain the impact of instructional media and teachers' pedagogical proficiency on student learning results. 38 pupils made up the study's population. 38 pupils made up the study's sample. The questionnaire method is the method used to gather data (questionnaire). The research technique employed in this study was the survey research method, which is a sort of quantitative research. Based on the processing and analysis of the twofold correlation test between pedagogical skill (X2) and learning media (X1) on student learning outcomes (Y), the result was r = 0.709, with a coefficient of determination of r2 = 0.5026 or 50%. Additionally, the coefficient's significance must be verified to see whether it can be generalized or not by computing the f hitung of the findings, which was calculated to be 15.184 at the level of 95 percent confidence ( = 0.05). got a value of f tabel = 3.259 but found that f hitung was 15.184 > f tabel. Keywords: learning media, professional competencies, and learning outcomes

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...