JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 4 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Menumbuhkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga

I Komang Wisnu Budi Wijaya (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
I Made Wiguna Yasa (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
Ni Made Muliani (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Literasi sains sangat penting dikuasai mengingat pentingnya sains dalam kehidupan manusia baik sebagai makhluk individu maupun sosial. Namun faktanya literasi sains siswa Indonesia masih belum memuaskan. Literasi sains hendaknya dilakukan tidak di lingkungan sekolah saja namun juga di lingkungan keluarga. Peneltiian ini bertujuan untuk menganalisis cara menumbuhkan literasi sains siswa sekolah dasar di lingkungan keluarga. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kepustakaan. Sumber data berupa buku dan jurnal yang berkaitan dengan pendidikan keluarga dan literasi sains. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains dapat dikembangkan dalam lingkungan keluarga baik dari segi dimensi proses, konten, sikap dan aplikasi. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara orang tua memberi teladan tentang sikap sains, memberikan penjelasan fenomena sains yang kontekstual dan non kontekstual dan mengajak anak melakukan percobaan sains dengan memanfaatkan alat dan bahan yang tersedia di rumah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...