JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 12 No 1 (2024): Vol 12 No 1 Januari 2024

TAJUK MODERASI BERAGAMA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA DAN SMK DI KABUPATEN SIJUNJUNG

Asraf Kurnia (Unknown)
Udin Supriadi (Unknown)
Munawar Rahmat (Unknown)
Siti Aisyah (Unknown)
Muslim Muslim (Unknown)
Heri Effendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam merupakan faktor fundamental yang semestinya disusupi sikap toleransi dengan baik dan benar. Oleh karena itu nilai moderasi beragama perlu diinternalisasikan pada diri guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan mengetahui moderasi beragama guru PAI SMA dan SMK di Kabupaten Sijunjung. Metode penelitian deskriptif kuantitatif, dan teknik pengumpulan data kuesioner. Aspek yang diteliti: moderasi beragama guru PAI terhadap mazhab Islam minoritas, moderasi beragama guru PAI terhadap nonmuslim dan moderasi beragama guru PAI terhadap budaya lokal (Budaya Alam Minangkabau). Populasi penelitian guru-guru PAI SMA dan SMK di Kabupaten Sijunjung, sementara sampelnya 22 orang. Penelitian dilakukan bulan Agustus 2023 menunjukkan bahwa sebagian besar responden cenderung moderat. Respon moderat dominan didapatkan pada moderasi beragama guru PAI terhadap budaya lokal Budaya Alam Minangkabau, sedangkan respon intoleran dominan didapatkan dari moderasi beragama guru PAI terhadap mazhab Islam minoritas dan moderasi beragama guru PAI terhadap agama lain. Mereka memandang Muslim Sunni sebagai Islam yang benar, sementara muslim minoritas seperti Syiah dan Ahmadiyah sesat. Mereka juga memandang bahwa orang beragama Islam pasti beriman sedangkan selain Islam adalah kafir, padahal sebenarnya surga dan neraka hak perogratif Allah. Mereka juga menolak menolak usaha ritel serta orang asing seperti etnis luar membuka usaha di wilayah Minangkabau.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...