Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman mereka tentang artikel ilmiah. Kegiatan ini didasarkan karena masih ada mahasiswa yang kurang paham tentang bagaimana mengubah skripsi menjadi artikel ilmiah dan selanjutnya dipublish di jurnal nasional terindeks. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan menerapkan metode studi kasus. pada studi kasus ini menetukan skripsi yang telah sukses dikonversi menjadi artikel ilmiah, analisis proses konversi dari skripsi ke artikel ilmiah. Selanjutnya, menggunakan pendekatan analisis komparatif dengan menganalisis perbedaan dan transformasi yang terjadi selama proses konversi. Subjeknya mahasiswa FKIP Universitas Nias dan artikel melalui google scholar yang dipublish di jurnal nasional terindeks Sinta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah jurnal dosen dan mahasiswa yang dimuat di google scholar dosen, sinta kemendikbud web Universitas Nias. Setelah pelatihan ini dilaksanakan, mahasiswa memiliki pengalaman tentang artikel ilmiah yang akan dipublish pada jurnal yang dituju, menerapka style penulisan atau template yang tersedia dari pihak jurnal. Pada umumnya jurnal terdiri dari beberapa kerangka utama yaitu judul, abstrak, pendahuluan, metode, hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan serta referensi. Gaya bahasa dalam artikel umumnya lebih ringan dan mudah dipahami dibandingkan dengan skripsi.
Copyrights © 2024