Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pendekatan pembelajaran Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) terhadap productive disposition siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas VII SMP di Kota Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dari angket productive disposition dengan 24 pernyataan dengan 7 indikator untuk variabel (X) productive disposition dan untuk (Y) tes akhir STEM. Data dikumpulkan dari berbagai sumber yaitu dari hasil tes, angket productive disposition, wawancara, dan rekaman video selama pembelajaran. Hasil penelitian ini mendeskripsikan kedua variabel normal dan linear, dilanjutkan dengan menggunakan uji F. Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendekatan pembelajaran STEM terhadap productive disposition dengan nilai konstanta regresi linear sederhana adalah 33,268. Model persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Y=33,268+0,780X. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendekatan pembelajaran STEM terhadap productive disposition siswa SMP di masa pandemi sebesar 44,6%.
Copyrights © 2022