Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Afif Rizal (Unknown)
Kuswari Hernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2017

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan  media  pembelajaran  berupa game  edukasi  matematika dengan pendekatan guided discovery pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII semester 2 dan  mendeskripsikan  kualitas  produk  yang  dikembangkan  berdasarkan  aspek  kevalidan,  kepraktisan,  dan keefektifan.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  pengembangan  yang  mengacu  pada  model  pengembangan ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Game edukasi yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor keseluruhan 3,92 dari skor maksimal 5, dinyatakan praktis dengan skor keseluruhan 3,92 dari skor maksimal 5, tetapi belum efektif dengan persentase ketuntasan 47,8%. Kemungkinan penyebab dari permasalahan yang peneliti temukan adalah kegiatan siswa yang lebih cenderung pada bermain daripada belajar, sehingga sikap inquiry (mencari-temukan) dan kemampuan problem solving siswa belum terasah secara optimal. Kemungkinan penyebab lain adalah langkah verbalisasi yang belum muncul karena keterbatasan dari software yang digunakan dan langkah latihan soal yang dimunculkan tidak bertahap. Kata kunci: game edukasi, pendekatan guided discovery, bangun ruang sisi datar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...