Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 2 (2023): JULI

Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Kelas V UPTD SD Negeri 75 Parepare

Abdul Hakim (Universitas Negeri Makassar)
Zaid Zainal (Universitas Negeri Makassar)
Nur Hafidzah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terdapat beberapa siswa yang belum mencapai SKBM sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 75 Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran team games tournament. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Pada siklus I hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran pada aktivitas guru dan siswa berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes evaluasi hasil belajar siswa berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran pada aktivitas guru dan siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes evaluasi hasil belajar siswa berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran team games tournament dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang keragaman sosial budaya masyarakat kelas V UPTD SD Negeri 75 Parepare.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...