Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 3 (2023): NOVEMBER

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Star Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 24 Parepare

Yulia (Universitas Negeri Makassar)
Kamaruddin Hasan (Universitas Negeri Makassar)
Khusnul Phathona (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan proses belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V UPTD SDN 24 Parepare, dan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V UPTD SDN 24 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 35 siswa, di UPTD SDN 24 Parepare. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup, dan hasil belajar masih berada pada kualifikasi cukup. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian ini pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik dengan hasil belajar juga pada kualifikasi baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...