JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan)
Vol. 2 No. 1 (2022): April

Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Dan Goggle Meet Dalam Pembelajaran Era Pandemi Covid-19

M Iqbal Mustofa (Universitas Nurul Huda)
Dwi Dwi Andriani (Universitas Nurul Huda)
Siti Anisatur Rofiqah (Universitas Nurul Huda)
Effendi Effendi Effendi (Universitas Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para guru bahwa teknologi itu dapat membantu meningkatkan peran pembelajaran dan bahkan bersifat gratis seperti contohnya google classroom dan google meet. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode pelatihan dan pendampingan langsung peserta pelatihan belajar dengan sistem projek. Pelaksanaan di SD Negeri 1 kecamatan simpang kabupaten OKU Selatan Sumeatera Selatan. Peserta pelatihan berjumlah 30 peserta yang diadakan satu hari penuh pada tanggal 14 februari 2022. Hasil dari pengabdian ini terlihat peningkatan peserta dalam melaksakan intruksi perintah, ini terlihat dari 30 peserta yang hadir ada ada 27 peserta yang sudah bisa membuat pertemuan virtual dengan google meet namun belum mampu menunjukan dua tugas indikator evaluasi lainnya. 25 orang mampu membuat kelas dan membuat formulir sederhana dengan memanfaatkan google formulir dan 19 orang dapat secara kesuluruhan mencapai indikator evaluasi yang di tentukan. Maka kegiatan ini dapat dikategorika sukses karena capaian keberhasilan lebih dari 50% jumlah peserta mampu membuat tugas-tugas yang diberikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmtt

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal JPMTT memiliki fokus utama pada pengembangan pengetahuan tentang pengabdian kepada masyarakat. Ruang lingkup pengabdian kepada masyarakat meliputi: Teknologi Terapan Penerapan pengetahuan ilmiah dan teknologi untuk tujuan praktis kehidupan manusia atau perubahan lingkungan manusia. Ini ...