Pembelajaran matematika di sekolah dasar biasanya siswa hanya belajar untuk menghafalkan konsep atau rumus tanpa melihat langsung masalah yang berhubungan dengan konsep sehingga pemakaman konsep matematika siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education pada materi operasi hitung pecahan kelas V Sekolah Dasar (2) untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education untuk kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE tetapi hanya dibatasi sampai tiga tahapan meliputi Analysis (Analisis), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif untuk mendeskripsikan pengembangan produk dan kuantitatif deskriptif untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah (1) produk hasil pengembangan berupa bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education pada materi operasi hitung pecahan. (2) Hasil uji kelayakan produk memperoleh kategori sangat valid sehingga bahan ajar layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2023