Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Vol. 15 No. 1 (2023): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry

Analisis Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Zuwena Apdolipah (Universitas Jambi)
Yusnaidar Yusnaidar (Universitas Jambi)
Fatria Dewi (Universitas Jambi)
Risdalina Risdalina (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan korelasinya terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi tindakan mengajar guru, lembar observasi tindakan belajar siswa dan soal tes kemampuan berfikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran terlaksana dengan baik. Hal ini juga ditunjukkan dari persentase keterlaksanaan model oleh siswa yang meningkat selama tiga kali pertemuan berturut turut yaitu 71,08%, 78,22% dan 86,16%. Skor rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa sebesar 11,917 dari skor maksimum 15 atau senilai 79,44, berada pada kategori baik. Hasil uji korelasi model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai rxy sebesar 0,56 memiliki tingkat hubungan sedang. Berdasarkan hasil temuan, rekomendasi bagi peneliti selanjutnya yaitu perlu adanya pengenalan dan ujicoba model pembelajaran ini sebelum dilaksanakan penelitian agar siswa dan guru terbiasa dengan model tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jisic

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry (JISIC) accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in either English or Indonesian; resulting primarily from quantitative, qualitative, or mixed research in sync with Chemistry education. These issues include, but ...