E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 15, No 1 (2024): E-DIMAS

Sosialiasi Patient-Centered Approach (PCA) sebagai Pendekatan untuk Meningkatkan Kualitas Layanan di Rumah Sakit Harapan Keluarga Kota Mataram

Hizriansyah Hizriansyah (Politeknik Medica Farma Husada Mataram)
Syamsuriansyah Syamsuriansyah (Politeknik Medica Farma Husada Mataram)
Rizal Pratama Adi Putra (Politeknik Medica Farma Husada Mataram)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Media sosial muncul sebagai saluran baru bagi rumah sakit dan pasien untuk mengumpulkan umpan balik tentang kualitas pelayanan. Data media sosial, di sisi lain tidak terstruktur dan volumenya besar. Selain itu, tidak ada penelitian empiris yang dilakukan tentang penggunaan data media sosial dan persepsi kualitas pelayanan rumah sakit berdasarkan ulasan online pasien. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah melakukan sosialisasi pentingnya patient-centered approach sebagai pendekatan untuk meningkatkan service excellent di rumah sakit. Dalam studi kasus sosialisasi ini, kami mengumpulkan 428 komentar halaman facebook Rumah Sakit Harapan Keluarga antara tahun 2019-2023. Kami menggunakan pembelajaran mesin untuk membuat analisis sentimen dan pengklasifikasi kualitas layanan (SERVQUAL) yang mengidentifikasi dimensi sentimen dan SERVQUAL secara otomatis. Kami memeriksa total 428 ulasan, 413 (70,32%) ulasan tangibles, 413 (96,49%) ulasan reliability, 19 (4,43%) ulasan responsiveness, 38 (8,87%) ulasan assurance, dan 301 (70,32%) ulasan empathy.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...