EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 2 (2024): In Press

Paradigma Konsep Pendidikan Hadhari dalam Pendidikan Islam

Muhammad Fahri Aminuddin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muhammad Riziq Falah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nabilah Safira Salamat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Najla’ Pinkan Putri Suryadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ranti Ayu Sriwahyuni (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muhamad Parhan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Syahidin Syahidin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2024

Abstract

Pendidikan Islam, sebagai pilar utama pembangunan umat Muslim, tidak hanya membentuk karakter, tetapi juga memberikan fondasi moral dan spiritual yang kokoh. Meskipun begitu, muncul konsep pendidikan hadhari sebagai alternatif untuk memperkuat dasar keislaman dalam masyarakat modern, menggabungkan prinsip-prinsip Islam dengan ilmu pengetahuan dunia yang berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman komprehensif terkait kontribusi pendidikan hadhari pada pengembangan pendidikan Islam yang holistik, mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan pengetahuan modern. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui sumber data elektronik, seperti artikel-artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan hadhari sejalan dengan prinsip-prinsip fundamental Islam. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti potensi besar pendidikan hadhari dalam mempersiapkan generasi Islam yang mampu bersaing dalam era globalisasi. Oleh karena itu, kerja sama pemangku kepentingan di bidang pendidikan Islam diperlukan untuk memperkuat dan memperkaya konsep pendidikan hadhari guna membentuk masa depan umat Islam yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...