Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 7 No 2 (2023): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Improving the Students’ Ability in Reading Comprehension By Using Reciprocal Questioning (ReQuest) Strategy at the Eighth Grade of UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara in 2022/2023

Hasrat Harefa (IKIP Gunung Sitoli)
Alisia Nurhayati Harefa (Universitas Nias)
Kristof Martin Efori Telaumbanua (Universitas Nias)
Elwin Piarawan Zebua (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Membaca adalah hal yang penting dan berfungsi sebagai landasan dasar dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Peneliti menggunakan strategi Reciprocal Questioning (ReQuest). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara yang jumlah siswanya 31 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data yaitu kertas observasi, catatan lapangan dan tes. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil Siklus I siswa tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori “sangat baik”, ada 5 siswa (16,12%) pada tingkat “baik”, ada 2 siswa (6,45%) di pada tingkat “cukup”, terdapat 14 siswa (45,16%) pada tingkat “kurang” dan terdapat 10 siswa (32,25%) pada tingkat “gagal”. Rata-rata nilai siswa pada Siklus I adalah 52,09. Hal tersebut menunjukkan bahwa siklus I tidak berhasil, maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus berikutnya. Hasil Siklus II menunjukkan bahwa terdapat 18 siswa (58,06%) yang tergolong dalam kategori “sangat baik”. Ada 13 siswa (41,94%) pada tingkat “baik”. Tidak ada siswa pada tingkat “cukup”, tingkat “kurang” dan tingkat “gagal”. Nilai rata-rata siswa adalah 86,61. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Reciprocal Questioning (ReQuest) dalam penelitian ini berhasil meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...