Majalah Ilmiah MOMENTUM
Vol 11, No 2 (2015)

KARAKTERISTIK BAHAN DASAR DIESEL CYLINDER LINER (DCL)

Alaya FadlluHadi Mukhammad (Program Studi Diploma TeknikMesinUniversitasDiponegoro Semarang Jl.Prof. H. Sudarto, SH - Tembalang, Semarang)
Ireng Sigit Atmanto (Program Studi Diploma TeknikMesinUniversitasDiponegoro Semarang Jl.Prof. H. Sudarto, SH - Tembalang, Semarang)
Bambang Setyoko (Program Studi Diploma TeknikMesinUniversitasDiponegoro Semarang Jl.Prof. H. Sudarto, SH - Tembalang, Semarang)
Nugroho Santoso (Program Studi Diploma Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2015

Abstract

Abstrak Kebutuhan Diesel Cylinder Liner(DCL) di Indonesia 114.512 buah DCL/hari untuk mendukung industry transportasi di Indonesia. Kebutuhan DCL yang tinggi tersebut, saat ini suplainya masih didominasi dari luar negeri. Industry pengecoran besi cor local sudah mencoba produksi DCL, akan tetapi kualitas DCL yang dihasilkan masih jauh dari standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik komposisi kimia, kekerasan brinell, dan struktur mikro dari 3 jenis DCL yang beredar di industry transpotasi yaitu original merk X, tidak original, dan produk pengecoran local, sehingga dapat diketahui kualitas rendah DCL produksi local dikarenakan kualitas bahan atau factor yang lain. Hasil pengujian menunjukkan bahan dasar yang digunakan DCL produksi local menggunakan jenis besi cor yang sama dengan DCL originalya itu besi cor kelabu. Hasil pengujian kekerasan menunjukkan bahwa DCL produksi local memiliki kekerasan tertinggi yaitu 217,9 HBN, sedangkan DCL original dengan DCL tidak original menunjukkan nilai yang hamper sama yaitu 187,6 HBN dan 185,2 HBN. Hasil pengujian menunjukkan bahwa struktur mikro semua jenis DCL menunjukan struktur pearlite dan grafit (bentuk flake dengan orientasi tak beraturan)  mendominasi seluruh permukaan.   Katakunci: DCL, komposisikia, kekerasan, struktur mikro

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

MOMENTUM

Publisher

Subject

Education

Description

"MOMENTUM" adalah sebuah Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim dengan ISSN cetak 0216-7395. Terbit setahun dua kali yaitu tiap bulan April dan Oktober. Lingkup bidang yang dapat dipublikasikan di jurnal ini adalah teknik mesin, teknik kimia dan teknik ...