Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 5 No. 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018)

CLUSTERING KINERJA PEGAWAI PT GRESIK CIPTA SEJAHTERA MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS

Ariadi Retno Tri Hayati Ririd (Unknown)
Rizky Ardiansyah (Unknown)
Adi Pranoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

PT Gresik Cipta Sejahtera (GCS) mempunyai banyak pegawai yang kinerjanya dinilai selama 6 bulan sekali baik untuk pegawai tetap maupun pegawai kontrak. Sayangnya penilaian tersebut hanya digunakan untuk sebatas laporan ke perusahaan induk. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah memudahkan pihak perusahaan khususnya divisi SDM (Sumber Daya Manusia) dan masing-masing kepala divisi ketika melakukan penilaian secara akurat, efektif dan efisien, serta membantu pihak SDM dalam menentukan calon penerima bonus gaji maupun kandidat calon pegawai tetap ketika diadakan recruitment. Nilai kriteria tersebut diolah dengan menggunakan metode Fuzzy C-Means (FCM) sehingga menghasilkan sejumlah kelompok karyawan yang memiliki standar penilaian yang bersifat dinamis. Uji validitas hasil clustering untuk penentuan kinerja dengan menggunakan perhitungan Partition Coeffecient Index (PC1) diperoleh 0.814, ini berarti dapat dikatakan bahwa hasil clustering tergolong dalam kategori baik. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh sebelas pusat cluster atau centroid. Untuk penentuan cluster terbaik dilakukan dengan cara merata-rata nilai keanggotaan cluster berdasarkan empat aspek yang ditentukan kemudian membandingkan hasil tersebut dengan hasil yang didapat oleh cluster lainnya. Sehingga ketika proses testing pegawai harus menjadi anggota custer terbaik untuk mendapatkan atau berpeluang mendapatkan gaji bonus dari perusahaan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...