Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI)
Vol. 1 No. 2 (2023): Desember

Green Marketing Campaign sebagai Implementasi Peningkatan Green Purchasing Behavior Generasi Z Surabaya

Ayundha Evanthi (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
Alya Nur Azizah (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
Adi Bimantoro (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
Sabrina Aulia Az Zahra (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
Lailatul Munawaroh (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Green marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada produk dan layanan yang ramah lingkungan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mendorong mereka untuk beralih ke produk dan layanan yang lebih ramah lingkungan. SARLING merupakan salah satu contoh sukses green product yang berhasil mengolah limbah minyak jelantah menjadi sabun serbaguna. Perilaku green purchasing di Indonesia masih rendah, ada banyak generasi muda yang peduli terhadap lingkungan namun tidak disertai dengan aksi yang nyata. Hal ini terlihat dari survei yang menunjukkan bahwa hanya 20% konsumen Indonesia yang bersedia membayar lebih untuk green product. Penelitian ini dibuat dengan tujuanĀ  untuk meningkatkan purchasing behavior melalui campaign dengan produk sampel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan observasi melalui wawancara dengan narasumber yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan pendekatan eksperimen untuk menguji pengaruh campaign green purchasing terhadap green purchasing behavior. Peningkatan green purchasing behavior di Indonesia di dukung oleh beberapa faktor antara lain seperti, meningkatkan kesadaran konsumen akan pentingnya menjaga lingkungan, perkembangan teknologi yang membuat produk dan layanan ramah lingkungan menjadi lebih terjangkau serta dukungan pemerintah terhadap pengembangan produk dan layanan ramah lingkungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa campaign dengan produk sampel merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan green purchasing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) Jurnal ini memuat hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu antara lain pendidikan, ekonomi, teknik, pertanian, sosial, humaniora, dan komputer. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu Februari, April, Juni, ...