Menara Ilmu
Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024

Pengaruh Penggunaan Metode Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Payakumbuh

Neneng Wahyuni (STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh)
Lili Hasmi (STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

ABSTRAK: Penulisan teks resensi dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu metode Problem Based Learning. Pada metode ini siswa dituntut untuk aktif dalam memecahan masalah berkaitan dengan strukturk serta kerbahasaan teks resensi siswa. Tujuan yang akan dicapai antara lain menjelaskan perngaruh signifikan metode Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks resensi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh. Jenis penilitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan satu kelas, pada kelas tersebut dilaksanakan dua kali tes. Jumlah populasi 120 siswa, penarikan sampel menggunakan purposive sampling , dengan jumlah sampel 30 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dengan indikator penilaian yang pertama sistematika teks resensi dan yang kedua unsur kebahasaan teks resensi. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil uji t (t-test) dalam pretest membuktikan thitung lebih besar dari pada ttabel (4,46 > 1,711), karena thitung lebih besar dari ttabel maka H1 (hipotesis alternatif) diterima. Jadi, keterampilan menulis teks resensi siswa menggunakan metode Problem Based Learning sangat berpengaruh dari pada menggunakan metode konvensional.Kata kunci : Menulis, Teks Resensi, Metode Problem Based Learning 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...