ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora
Vol. 1 No. 4 (2024): Mei

Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Di MTS N 1 Kudus

Rofiq Faudy Akbar (IAIN Kudus)
Muhammad Jodi Prasetiyo (IAIN Kudus)
Mohammad Ilham Zaki Zakaria (IAIN Kudus)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Strategi pembelajaran aktif adalah kumpulan strategi pembelajaran yang luas. Pembelajaran aktif mencakup berbagai cara untuk membuat peserta didik menjadi aktif sejak awal melalui aktivitas yang membuat mereka berpikir tentang materi pelajaran dalam waktu singkat. Metode Every One Is Teacher Here ini digunakan untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif, dan fokus masalahnya adalah bagaimana motivasi belajar peserta didik meningkat ketika model pembelajaran aktif Every One Is Teacher Here diterapkan dalam mata pelajaran IPS. Peneliti mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi serta study literatur. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang diterapkan, bisa dilihat dari antusiasme dan keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran. Setelah evaluasi nilai, peserta didik rata-rata mendapatkan nilai yang cukup memuaskan. Peningkatan prosentase keaktifan peserta didik pada siklus I sebesar 25,6% dan 35,2% pada siklus II. Hal Ini terjadi karena dalam diri peserta didik sudah ada rasa semangat untuk selalu belajar dan sudah menikmati proses pembelajaran  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arima

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora Jurnal yang diterbitkan 4 (empat) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang ...