Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), yaitu penelitian yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 MAN 3 Medan yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, yakni siklus I satu dan siklus II masing-masing 1 kali pertemuan dan pada setiap siklusnya menggunakan alokasi waktu selama 45 menit. Angket kepercayan diri disebar kepada subjek penelitian yang berjumlah 32 orang siswa. Kemudian, dari hasil angket tersebut diambil 8 orang siswa dengan nilai angket yang beragam/heterogen untuk nantinya akan mengikuti pelaksanaan layanan konseling kelompok. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa sebelum diberikannya layanan konseling kelompok dengan teknik self-talk, kepercayaan diri siswa masih dalam kategori rendah. Setelah diberi layanan konseling kelompok pada siklus I masih belum terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa, sehingga dilanjutkan pada siklus yang kedua. Kemudian, setelah diberikan layanan pada siklus yang kedua, siswa mengalami peningkatan kepercayaan diri siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self-talk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Copyrights © 2024