In Search (Informatic, Science, Entrepreneur, Applied Art, Research, Humanism)
Vol 20 No 2 (2021): In Search

Strategi Promosi Bandung Zoo Melalui Experiential Marketing

Hanafi Hanafi (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Firman Aripin (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Shinta Hartini Putri (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Faisal Reza (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2023

Abstract

Strategi promosi Bandung Zoo adalah untuk menarik pengunjung Anak Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak. Diterpakannya pendekatan expertiential marketing membantu untuk setiap porses strategi tersebut berhasil. Program sapa, satwa, siswa menunjukan bahwa strategi yang ada di Bandung Zoo itu mempunyai tujuan yaitu dengan mengedukasi Anak Sekolah dan Taman Kanak-Kanak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pada strategi promosi Bandung Zoo, Pelaksanaan yang dilakukan pihak Bandung Zoo bagaimana prosesnya, dan tujuan strategi promosi Bandung Zoo. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik pengumpulan data secara primer pada penelitian dengan cara wawancara, observasi, dan dokumen, sementara secara data sekunder peneliti menggunakan referensi buku, penelitian terdahulu, dan internet searching. Teknik penentuan informan dilakukan dengan cara purposive. Informan yang dipilih untuk menjadi sumber informasi yaitu Marketing Komunikasi Bandung Zoo, Humas Bandung Zoo, dan Zookeeper Bandung Zoo. Hasil dari proses strategi pada pendekatan experiental marketing tersebut perencanaan Bandung Zoo di awali dengan bersurat kepada Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak tersebut, pada pelaksaan Bandung Zoo memperkenalkan binatang yang dibawa sehingga anak-anak tersebut tertarik, dan pada tujuan Bandung Zoo edukasi yang dilakukan oleh zookeeper Bandung Zoo memberikan ketertarikan mereka untuk datang kembali ke Bandung Zoo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

in_search

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Other

Description

In Search (Informatic, Science, Entrepreneur, Applied Art, Research, Humanism) is an electronic scientific journal in the scope of informatics, science, entrepreneurship, applied arts, social sciences and ...