Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 2 No. 2 (2023): Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Teori Pembelajaran Kognitif dan Penerapannya Pada Buku Ajar Al’arabiyah Linnasyi’in di Ma Al-Huda Kota Gorontalo

Mohamad Lahay (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Rabiatul Adawiyah Ibrahim (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Ratni Bt. Hj. Bahri (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Muh. Arif (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Teori kognitif merupakan kerangka berfikir yang sangat relevan dalam konteks pembelajaran bahasa Arab. Keberadaan teori kognitif mencakup pemerolehan bahasa, pembelajaran bermakna, serta individualisme kognitif menjadi faktor krusial dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi teori kognitif dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Al-Huda. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menguraikan penerapan teori kognitif sehingga dapat membawa perubahan perilaku pada peserta didik selama proses pembelajaran. Melalui penelitian ini, penulis berusaha mengungkap metode-metode yang diterapkan oleh pendidik bahasa Arab di MA Al-Huda, serta fenomena pembelajaran bahasa Arab dengan memanfaatkan teori tersebut, tanpa melakukan intervensi atau perubahan substansial dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar kognitif dalam pembelajaran bahasa Arab melibatkan refleksi pengalaman, diskusi bebas terbimbing, pengembangan berfikir kritis, penyelesaian masalah, pemaparan ide, dan eksplorasi konsep.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

assuthur

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab is an open-access journal published by the Arabic Education Department of Postgraduate Program, IAIN Sultan Amai Gorontalo. The purpose of this scientific journal is to disseminate the knowledge gained as a consequence of the study, and it is available to ...