Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab
Vol 3 No 2 (2021): Volume 3 Nomor 2 Oktober 2021

Hubungan Kreativitas Guru dengan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik

Nurmiati (IAI Muhammadiyah Sinjai)
Takdir (IAI Muhammadiyah Sinjai)
Sardiyanah (IAI Muhammadiyah Sinjai)
Laeli Qadrianti (IAI Muhammadiyah Sinjai)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu mencari informasi melalui penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologis. Subjek dari penelitian ini adalah Guru Bahasa Arab dan siswa kelas VIII di MTs. Negeri 1 Panreng Kec. Sinjai Utara dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Kreativitas Guru Guru Bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di MTs. Negeri 1 Panreng Kec. Sinjai Utara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Bahasa Arab di MTs Negeri 1 Panreng Kec. Sinjai Utara kreatif di dalam kelas, Siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Panreng Kec. Sinjai Utara memiliki minat dalam belajar bahasa Arab melihat dari kesiapan siswa, kehadiran siswa setiap pertemuan, ketika siswa menemukan hal-hal baru dalam proses pembelajaran seperti metode atau media yang digunakan serta siswa antusias dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru terkait materi yang telah diajarkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

naskhi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aim Naskhi Journal: Journal of Education and Arabic Language Studies is a journal that focuses on the study of Arabic language education as a foreign language, Arabic linguistics, the history of Arabic language education, as well as various critical studies about the problems of learning Arabic ...