Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2022): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Studi Dampak Kekerasan Verbal Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar

Aswasulasikin Aswasulasikin (Universitas Hamzanwadi)
Yul Alfian Hadi (Universitas Hamzanwadi)
Dukha Yunitasari (Universitas Hamzanwadi)
Doni Septu Marsa Ibrahim (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Dampak Kekerasan Verbal Terhadap Psikologis Anak dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 02 Sugian yang terdiri dari beberapa informan, yang terdiri dari wali kelas, keluarga dan siswa korban. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data didapat dengan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teknik analisia data dari konsep miles dan huberman yang terdiri dari data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil peneitian yang telah dilakukan pada siswa sekolah dasar menunjukkan bahwa kekerasan verbal berdampak negative dalam Perkembangan perilaku siswa sekolah dasar, dampaknya adalah hubungan sosial siswa lebih fasif dengan Lingkunganya, siswa menjadi pendiam, Takut Bertemu Dengan teman sebaya,  Menjadi Sangat Pemurung, bahkan siswa sebagai korban kekerasan verbal dapat Mengalami Gangguan Emosi

Copyrights © 2022