Kondisi perkerasan taxiway Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh mengalami penurunan kemampuan dalam memikul beban dari pesawat-pesawat yang beroperasi. Diperlukan penilaian dan perencanaan kembali terhadap kondisi lapisan taxiway bandara. Perumusan masalahnya adalah bagaimana jenis lapisan yang sesuai dengan standar FAA dengan beberapa skenario CBR dan berapa nilai kekuatan lapisan (PCN) tersebut. Untuk mengetahui jenis lapisan sesuai ketentuan FAA, mendapatkan nilai tebal perkerasan dengan beberapa skenario yaitu 4,8% (low), 10% (medium), 15% (high), dan memperoleh nilai Pavement Classification Number (PCN). Metode perencanaan tebal lapisan diolah menggunakan software FAARFIELD, untuk nilai kekuatan lapisan perkerasan taxiway nya dihitung menggunakan software COMFAA. Hasil dari pengolahan data didapat skenario I FAARFIELD menghasilkan ketebalan 885,3 mm dan COMFAA sebesar 1235,8 mm, skenario II menggunakan FAARFIELD menghasilkan ketebalan 588,7 mm dan COMFAA sebesar 718,1 mm, skenario III FAARFIELD menghasilkan ketebalan 463,8 mm COMFAA sebesar 538,2 mm. Hasil analisis menggunakan software COMFAA didapat untuk skenario I pesawat B777-300ER didapat nilai PCN sebesar 90,7 dan nilai ACN sebesar 89,3. Untuk skenario II nilai PCN dan ACN yaitu 71,5 dan 71,3. Pada skenario III nilai PCN dan ACN B777-300ER yaitu 64,0 dan 63,8.
Copyrights © 2022