Journal of The Civil Engineering Student
Vol 1, No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, April 2019

Karakteristik Penggunaan Parutan Ban Dalam Bekas Kendaraan Roda 4 Terhadap Campuran AC-BC

Farach Dina (Syiah Kuala University)
Sofyan M. Saleh (Syiah Kuala University)
Fitrika Mita Suryani (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
23 May 2019

Abstract

Penggunaan aspal sering memberikan indikasi kurang tahan lama karena proses oksidasi terutama oleh proses pemanasan, sehingga jalan (perkerasan lentur) cepat mengalami kerusakan antara lain retak-retak. Pada penelitian ini digunakan bahan tambah parutan karet ban dalam bekas kendaraan roda 4 sebagai bahan substitusi agregat serta penggunaan Portland Cement (PC) sebagai filler pada campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) dengan cara kering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan parutan karet ban dalam bekas dengan Portland Cement (PC) sebagai filler terhadap karakteristik Marshall campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC). Tahapan awal penelitian adalah mencari Kadar Aspal Optimum (KAO), kemudian dilakukan penambahan parutan karet ban dalam bekas mulai dari 0%, 1%, 2%, 3%, 4% dan 5% terhadap berat agregat. Dari hasil penelitian menunjukkan penambahan persentase parutan karet ban dalam bekas dengan Portland Cement (PC) sebagai filler, mempengaruhi nilai parameter Marshall, terutama nilai MQ, VIM, VFA dan durabilitas pada kadar aspal 5,285% dengan pemakaian filler Portland Cement (PC) 100%. Untuk yang memenuhi persyaratan yaitu nilai stabilitas, flow, density dan VMA.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

CES

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Journal of The Civil Engineering Student (JOCES) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala. Jurnal ini memuat artikel dari hasil tugas akhir mahasiswa/i di Jurusan Teknik Sipil untuk dipublikasikan, baik dari Universitas ...