Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial
Vol. 3 No. 1 (2023): Januari

Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengantisipasi Krisis Identitas Generasi Muda

Alifia Mutsla Fakhruddin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dinie Anggraeni Dewi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji sisi urgen dari Pendidikan Kewarganegaraan bagi generasi muda. Konteks yang terjadi karena generasi muda berada dalam situasi krisis identitas. Generasi muda ada dalam kesulitan mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah baik secara pribadi, dalam lingkungan keluarga, dan dalam relasi dalam masyarakat. Namun, situasi tersebut tidak semua orang memahami fungsinya, sehingga fungsinya tidak dapat terlaksana sepenuhnya. Penelitian ini mengkaji situasi dan konteks generasi muda dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan penelitian pustaka. Hasil penelitian mendeskripsikan, pertama, Pendidikan Kewarganegaraan menjadi penyiapan generasi muda untuk menjadi warga negara dengan adanya proses internalisasi pada tiga dimensi pengetahuan, kecakapan, dan nilai-nilai. Hasil yang kedua, bahwa adanya situasi urgen yang mesti disadari oleh guru, orangtua, dan pengambil kebijakan dalam negara untuk mengimplementasikan tiga dimensi tersebut agar generasi muda tidak terjebak dalam krisis identitas. Ketiga kemampuan itu dengan implementasi konkret bisa menjadi acuan dan pedoman bagi generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam pendidikan, keluarga dan masyarakat, serta negara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konstruksi-sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial adalah jurnal penelitian dengan akses terbuka dengan peer-review cepat, yang menerbitkan karya dari berbagai bidang, termasuk antropologi, kriminologi, ekonomi, pendidikan, geografi, sejarah, linguistik, ilmu politik, psikologi, kebijakan sosial, ...