Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 15 No 1 (2024): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar

PENGEMBANGAN MEDIA MATH POWER GAMES BERKONSEP GAMIFIKASI UNTUK PENGUATAN LITERASI NUMERASI SISWA

Martalia Nur'Aida (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Erwin Putera Permana (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Ilmawati Fahmi Imron (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran math power games yang inovatif dan menyenangkan. Inovatif dan menyenangkan untuk membantu siswa menyelesaikan dengan mudah dalam memperkuat literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas 5 di SDN Gedangsewu 1. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisa, Desain, Pengembangan, Pelaksanaan, dan Evaluasi). Subyek penelitian sebanyak 49 siswa. Hasil uji ahli media dan ahli materi mencapai 87% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan dihitung dan diperoleh skor 90%. Nilai KBK sebesar 97,14 dan rata-rata nilai postest 96,28 dengan kategori sangat efektif. Capaian tersebut menunjukkan bahwa media Math Power Games layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi numerasi siswa kelas V dan juga mendorong guru untuk mengembangkan sarana pembelajaran yang inovatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...