Literasi sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan sains untuk mendapatkan identifikasi permasalahan dan menjelaskan peristiwa ilmiah. Buku sebagai bahan ajar tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran,abad 21, namun buku masih banyak yang monoton akibatnya literasi sains rendah sehingga perlu dikembangkan buku Interaktif “Hai Si IPA”. Tujuan penulisan ini untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran terhadap media pembelajaran buku digital interaktif yang dikembangkan untuk meningkatkan literasi sains pada kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan menganalisis semua artikel terkait penelitian yang serupa, observasi, wawancara, dan angket. Artikel yang dianalisis sebanyak 25 terdiri dari 10 jurnal internasional dan 15 jurnal nasional dari sinta 1 hingga 4, observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan penelitian artikel review diperoleh hasil bahwa media buku dapat meningkatkan literasi sains peserta didik kelas V Sekolah Dasar.
Copyrights © 2022