Education and Counseling Journal
Vol 4 No 1 (2024): Edisi Maret

ENGARUH TEKNIK ASERTIF TRAINING UNTUK MENGURANGI PERILAKU CYBERBULLYING SISWA KELAS IX PUTRI SMP AL-QUR,AN MINHAJUT THULLAB

Nita Hanysha (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Nasruliyah Hikmatul Maghfiroh (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Mudafiatun Isriyah (Universitas PGRI Argopuro Jember)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertempat di SMP Al-qur’an Minhajut Thullab. Menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kelompok eksperimen Dengan siswa kelas IX Putri sebanyak 28 orang dengan penggambaran ilustrasi Pre-Test Post-Test Design. Dan siswa yang memiliki perilaku cyberbullying sebanyak 8 orang. Dari hasil angket pre-test perilaku cyberbullying pada siswa sebesar 617. Sedangkan dari hasil angket post-test perilaku cyberbullying pada siswa sebesar 495. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan sebesar 122 antara hasil pre-tes dan post-test perilaku cyberbullying pada siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji-T menggunakan SPSS ver 26 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 5%. Ini berarti nilai Sig. (2-tailed) memiliki nilai yang lebih kecil dari pada 0,05 ( 0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara data pre test dengan posttest yang membuat teknik asertif training berpengaruh terhadap perilaku cyberbulling pada kelas IX putri SMP Al-Qur'an Minhajut Thullab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...