PTK: Jurnal Tindakan Kelas
Vol. 4 No. 2 (2024): Mei 2024

Penanaman Nilai Multikultural dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Sosial pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Singkawang

Rosita Lisa (Universitas Tanjungpura)
Sri Buwono (Universitas Tanjungpura)
Yusawinur Barella (Universitas Tanjungpura)
Aminuyati Aminuyati (Universitas Tanjungpura)
Hadi Wiyono (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Multikultural merupakan sebuah keberagaman budaya, yang mempunyai karakteristik berbeda dan mengakui adanya perbedaan. Dengan adanya multikultural, dapat menciptakan toleransi sosial. Toleransi sosial adalah tindakan yang melarang terjadinya diskriminasi terhadap kelompok lain, yang ada di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui penanaman nilai multikultural dalam mengambangkan sikap toleransi peserta didik yang dilakukan oleh pendidik, serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penanaman nilai multikultural. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer terdiri dari 3 orang peserta didik dan 3 orang pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi dan wawancara. Dari penelitian ini hasil yang diperoleh adalah pendidik menananamkan nilai multikultural dan mengaitkan dengan materi pembelajaran, peserta didik juga melakukan toleransi sosial dengan baik. Adapun faktor yang mempengaruhi dalam penanaman nilai multikultural dalam mengambangkan sikap toleransi sosial yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media ...